Senin, 29 Desember 2014

Pemarkah -nya sebagai Referensi dalam Wacana Bahasa Indonesia



KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat, karunia, serta hidayah-Nya, sehingga skripsi yang berjudul Pemarkah –nya sebagai Referensi dalam Wacana Bahasa Indonesia dan Implikasinya dengan Pembelajaran Struktur Kebahasaan Bahasa Indonesia di Sekolah ini, dapat terselesaikan. Salawat serta salam semoga senantiasa selalu tercurahkan kepada baginda Muhammad SAW dan sahabat-sahabatnya, serta pengikutnya yang senantiasa selalu istikomah di atas sunah-sunah dan ajaran yang beliau bawa sampai hari kiamat kelak.
Dalam penulisan skripsi ini, penulis dihadapkan oleh berbagai macam permasalahan, tetapi dengan adanya bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak, skripsi ini bisa terselesaikan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, penulis dengan rendah hati menyampaikan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada yang terhormat.
1.      Bapak Dr. Wildan, M.Pd. selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram.
2.      Ibu Dra. Siti Rohana Hariana Intiana, M.Pd. selaku ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram.
3.      Bapak Drs. Mochammad Asyhar, M.Pd. selaku ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah.
4.      Ibu Dra. Syamsinas Jafar, M.Hum. selaku Dosen Pembimbing Akademik sekaligus Dosen Pembimbing Skripsi 1, yang selalu sabar dalam membimbing dan memberi arahan, sehingga penulis mendapat kelancaran selama penyusunan skripsi ini.
5.      Bapak Drs. Kaharuddin, M.Hum. selaku Dosen Pembimbing Skripsi 2, yang senantiasa memberikan bimbingan selama proses penyusunan skripsi ini.
6.      Dosen-dosen yang tidak dapat disebutkan namanya satu per satu serta tenaga Edukatif dan Administrasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram.
7.      Sahabat-sahabat seperjuangan Himbastrindo Reguler Sore Kelas B Angkatan 2010; Kelompok PPL SMPN 10 Mataram tahun 2013; Kelompok KKN Tematik Desa Kekait, Kec. Gunung Sari, Lombok Barat tahun 2014.
Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya atas semua bantuan dan motivasi yang telah diberikan kepada penulis. Penulis menyadari skripsi ini masih kurang sempurna. Oleh karena itu, dengan senang hati penulis akan menerima kritik dan saran yang bersifat membangun. Akhir kata penulis berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Mataram,      Oktober 2014

     
 Penulis
DAFTAR ISI

Halaman
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PERSETUJUAN
HALAMAN PENGESAHAN
HALAMAN MOTO ........................................................................................... iii
HALAMAN PERSEMBAHAN........................................................................ iv
KATA PENGANTAR ...................................................................................... v
DAFTAR ISI ...................................................................................................... vii
ABSTRAK .......................................................................................................... x

BAB I PENDAHULUAN
1.1     Latar Belakang ....................................................................................... 1
1.2     Rumusan Masalah .................................................................................. 3
1.3     Tujuan .................................................................................................... 4
1.4     Manfaat .................................................................................................. 4

BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI
2.1 Tinjauan Pustaka ..................................................................................... 5
2.2 Landasan Teori ........................................................................................ 8
2.2.1 Pengertian Pemarkah ....................................................................... 8
2.2.2 Pemarkah –nya ................................................................................ 8
2.2.3 Kelas Kata ....................................................................................... 11
2.2.4 Wacana ............................................................................................ 20
2.2.5 Referensi (Endofora dan Eksofora) ................................................ 22
2.2.6 Pembelajaran Struktur Kebahasaan ................................................. 26

BAB III METODE PENELITIAN
3.1 Sumber Data ............................................................................................ 28
3.2 Metode Pengumpulan Data ..................................................................... 28
3.3 Metode Analisis Data .............................................................................. 30
3.4 Metode Pemaparan Hasil Analisis............................................................ 31

BAB IV PEMBAHASAN
4.1 Perilaku Pemarkah –nya sebagai Referensi dalam Wacana Bahasa Indonesia                      32
4.1.1 Pemarkah –nya Berdasarkan Kategori Acuannya ......................... 32
A.    Pemarkah –nya sebagai Referensi Anteseden Berupa Kata ...... 32
1.      Pemarkah –nya sebagai Referensi Anteseden Berupa Nama Insan                   33       
2.      Pemarkah –nya sebagai Referensi Anteseden Berkategori Nomina                   35
3.      Pemarkah –nya sebagai Referensi Anteseden Berkategori Verba                      42
B.     Pemarkah –nya sebagai Referensi Anteseden Berupa Teks ....... 43
4.1.2 Pemarkah –nya Berdasarkan Letak Acuannya ............................. 45
A.     Pemarkah –nya sebagai Referensi Anteseden Endoforis ........... 45
1.      Pemarkah –nya sebagai Referensi Anteseden Bersifat Anaforis                        46
2.      Pemarkah –nya sebagai Referensi Anteseden Bersifat Kataforis                       50
B.     Pemarkah –nya sebagai Referensi Eksoforis .............................. 54
4.2 Implikasi Pemarkah –nya sebagai Referensi dalam Wacana Bahasa Indonesia dengan Pembelajaran Struktur Kebahasaan Bahasa Indonesia di Sekolah ............................... 56

BAB V PENUTUP
5.1 Simpulan .................................................................................................. 58
5.2 Saran ........................................................................................................ 60

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN



ABSTRAK



Kajian wacana dalam bahasa Indonesia selalu berkaitan dengan penggunaan pemarkah tertentu. Salah satu pemarkah yang sering muncul dalam wacana bahasa Indonesia adalah pemarkah –nya. Terkait dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pemarkah -nya sebagai referensi dalam wacana bahasa Indonesia, (2) mendeskripsikan implikasi pemarkah –nya dalam wacana bahasa Indonesia dengan pembelajaran struktur kebahasaan bahasa Indonesia di sekolah.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah pemarkah -nya sebagai referensi dalam wacana bahasa Indonesia dan (2) bagaimanakah implikasi pemarkah –nya dalam wacana bahasa Indonesia dengan pembelajaran struktur kebahasaan bahasa Indonesia di sekolah.
Objek penelitian ini berupa teks wacana yang memuat pemarkah –nya yang diambil dari koran. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan metode agih dengan teknik analisis substitusi.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pemarkah –nya sebagai referensi dalam wacana bahasa Indonesia meliputi dua aspek: (1) pemarkah –nya berdasarkan kategori acuannya, terdiri dari pemarkah ­–­nya sebagai referensi anteseden berupa kata dan anteseden berupa teks. (2) Pemarkah –nya berdasarkan letak acuannya, terdiri dari pemarkah –nya sebagai referensi anteseden endoforis dan pemarkah -nya sebagai referensi anteseden eksoforis. Pemarkah –nya sebagai referensi anteseden endoforis, terdiri dari pemarkah –nya sebagai referensi anteseden anaforis dan pemarkah –nya sebagai referensi anteseden kataforis. Adapun implikasi pemarkah –nya sebagai referensi dalam wacana bahasa Indonesia terhadap pembelajaran struktur kebahasaan bahasa Indonesia di Sekolah adalah berdampak pada pembelajaran struktur teks sesuai dengan yang tercantum di dalam kurikulum 2013.



Kata Kunci : Pemarkah –nya, Referensi, Wacana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar