KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat,
karunia, serta hidayah-Nya, sehingga skripsi yang berjudul Pemarkah –nya sebagai Referensi dalam Wacana Bahasa Indonesia dan
Implikasinya dengan Pembelajaran Struktur Kebahasaan Bahasa Indonesia di
Sekolah ini, dapat terselesaikan. Salawat serta salam semoga senantiasa
selalu tercurahkan kepada baginda Muhammad SAW dan sahabat-sahabatnya, serta
pengikutnya yang senantiasa selalu istikomah di atas sunah-sunah dan ajaran
yang beliau bawa sampai hari kiamat kelak.
Dalam penulisan skripsi ini, penulis dihadapkan oleh
berbagai macam permasalahan, tetapi dengan adanya bantuan dan bimbingan dari
berbagai pihak, skripsi ini bisa terselesaikan. Oleh karena itu, pada
kesempatan ini, penulis dengan rendah hati menyampaikan rasa terima kasih yang
sedalam-dalamnya kepada yang terhormat.
1.
Bapak Dr. Wildan, M.Pd. selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Mataram.
2.
Ibu Dra. Siti Rohana Hariana Intiana, M.Pd. selaku ketua Jurusan Pendidikan
Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram.
3.
Bapak Drs. Mochammad Asyhar, M.Pd. selaku ketua Program Studi Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah.
4.
Ibu Dra. Syamsinas Jafar, M.Hum. selaku Dosen Pembimbing Akademik sekaligus
Dosen Pembimbing Skripsi 1, yang selalu sabar dalam membimbing dan memberi
arahan, sehingga penulis mendapat kelancaran selama penyusunan skripsi ini.
5.
Bapak Drs. Kaharuddin, M.Hum. selaku Dosen Pembimbing Skripsi 2, yang
senantiasa memberikan bimbingan selama proses penyusunan skripsi ini.
6.
Dosen-dosen yang tidak dapat disebutkan namanya satu per satu serta tenaga
Edukatif dan Administrasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Mataram.
7.
Sahabat-sahabat seperjuangan Himbastrindo Reguler Sore Kelas B Angkatan
2010; Kelompok PPL SMPN 10 Mataram tahun 2013; Kelompok KKN Tematik Desa
Kekait, Kec. Gunung Sari, Lombok Barat tahun 2014.
Semoga Allah SWT
senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya atas semua bantuan dan motivasi
yang telah diberikan kepada penulis. Penulis menyadari skripsi ini masih kurang
sempurna. Oleh karena itu, dengan senang hati penulis akan menerima kritik dan
saran yang bersifat membangun. Akhir kata penulis berharap semoga skripsi ini
dapat bermanfaat bagi pembaca.
Mataram,
Oktober 2014
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL
HALAMAN
PERSETUJUAN
HALAMAN
PENGESAHAN
HALAMAN MOTO ........................................................................................... iii
HALAMAN PERSEMBAHAN........................................................................ iv
KATA PENGANTAR
...................................................................................... v
DAFTAR ISI ...................................................................................................... vii
ABSTRAK .......................................................................................................... x
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang ....................................................................................... 1
1.2
Rumusan Masalah .................................................................................. 3
1.3
Tujuan .................................................................................................... 4
1.4
Manfaat .................................................................................................. 4
BAB II TINJAUAN
PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI
2.1 Tinjauan Pustaka ..................................................................................... 5
2.2 Landasan Teori ........................................................................................ 8
2.2.1 Pengertian Pemarkah ....................................................................... 8
2.2.2 Pemarkah –nya ................................................................................ 8
2.2.3 Kelas Kata ....................................................................................... 11
2.2.4 Wacana ............................................................................................ 20
2.2.5 Referensi (Endofora dan
Eksofora) ................................................ 22
2.2.6 Pembelajaran Struktur
Kebahasaan ................................................. 26
BAB III METODE
PENELITIAN
3.1 Sumber Data ............................................................................................ 28
3.2 Metode Pengumpulan Data ..................................................................... 28
3.3 Metode Analisis Data .............................................................................. 30
3.4 Metode Pemaparan Hasil
Analisis............................................................ 31
BAB IV
PEMBAHASAN
4.1 Perilaku Pemarkah –nya
sebagai Referensi dalam Wacana Bahasa Indonesia 32
4.1.1 Pemarkah –nya Berdasarkan Kategori Acuannya ......................... 32
A.
Pemarkah –nya sebagai Referensi Anteseden
Berupa Kata ...... 32
1.
Pemarkah –nya sebagai Referensi
Anteseden Berupa Nama Insan 33
2.
Pemarkah –nya sebagai Referensi
Anteseden Berkategori Nomina 35
3.
Pemarkah –nya sebagai Referensi
Anteseden Berkategori Verba 42
B.
Pemarkah –nya sebagai Referensi Anteseden
Berupa Teks ....... 43
4.1.2 Pemarkah –nya Berdasarkan Letak Acuannya ............................. 45
A.
Pemarkah –nya sebagai Referensi
Anteseden Endoforis ........... 45
1.
Pemarkah –nya sebagai Referensi
Anteseden Bersifat Anaforis 46
2.
Pemarkah –nya sebagai Referensi
Anteseden Bersifat Kataforis 50
B.
Pemarkah –nya sebagai Referensi
Eksoforis .............................. 54
4.2 Implikasi Pemarkah –nya sebagai Referensi dalam Wacana Bahasa Indonesia dengan
Pembelajaran Struktur Kebahasaan Bahasa Indonesia di Sekolah ............................... 56
BAB V PENUTUP
5.1 Simpulan .................................................................................................. 58
5.2 Saran ........................................................................................................ 60
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
ABSTRAK
Kajian wacana dalam
bahasa Indonesia selalu berkaitan dengan penggunaan pemarkah tertentu. Salah
satu pemarkah yang sering muncul dalam wacana bahasa Indonesia adalah pemarkah –nya. Terkait dengan hal tersebut,
penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pemarkah -nya sebagai referensi dalam wacana
bahasa Indonesia, (2) mendeskripsikan implikasi pemarkah –nya dalam wacana bahasa Indonesia dengan pembelajaran struktur kebahasaan
bahasa Indonesia di sekolah.
Permasalahan dalam
penelitian ini adalah (1) bagaimanakah pemarkah -nya sebagai referensi dalam wacana bahasa Indonesia dan (2)
bagaimanakah implikasi pemarkah –nya dalam
wacana bahasa Indonesia dengan pembelajaran struktur kebahasaan bahasa
Indonesia di sekolah.
Objek penelitian
ini berupa teks wacana yang memuat pemarkah –nya
yang diambil dari koran. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan
metode dokumentasi. Analisis data menggunakan metode agih dengan teknik
analisis substitusi.
Berdasarkan hasil
analisis data dapat disimpulkan bahwa pemarkah –nya sebagai referensi dalam wacana bahasa Indonesia meliputi dua
aspek: (1) pemarkah –nya berdasarkan
kategori acuannya, terdiri dari pemarkah –nya
sebagai referensi anteseden berupa kata dan anteseden berupa teks. (2)
Pemarkah –nya berdasarkan letak
acuannya, terdiri dari pemarkah –nya
sebagai referensi anteseden endoforis dan pemarkah -nya sebagai referensi anteseden eksoforis. Pemarkah –nya sebagai referensi anteseden
endoforis, terdiri dari pemarkah –nya
sebagai referensi anteseden anaforis dan pemarkah –nya sebagai referensi anteseden kataforis. Adapun implikasi
pemarkah –nya sebagai referensi dalam
wacana bahasa Indonesia terhadap pembelajaran struktur kebahasaan bahasa
Indonesia di Sekolah adalah berdampak pada pembelajaran struktur teks sesuai dengan
yang tercantum di dalam kurikulum 2013.
Kata Kunci : Pemarkah –nya,
Referensi, Wacana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar